Software Anti gaptek |
Selamat Pagi, Salam Sejahtera..
Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan kepada teman-teman tentang Software. Postingan ini saya kutip dari buku-buku beken yang saya beli untuk penelitian saya dan laporan tugas kuliah.
Dasar - Dasar Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah
obyek tertentu yang dapat dijalankan seperti kode sumber, kode obyek, atau
sebuah program yang lengkap. Produk perangkat lunak memiliki pengertian
perangkat lunak yang ditambahkan dengan semua item dan pelayanan pendukung yang
secara keseluruhan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Produk perangkat lunak
memiliki banyak bagian yang meliputi manual, refrensi, tutorial, instruksi instalasi,
data sampel, pelayanan pendidikan, pelayanan pendukung teknis, dan sebagainya.
Semua yang dihasilkan
oleh proyek perangkat lunak adalah produk kerja (work product). Produk kerja meliputi :
1.
Dokumen
Engineering yang dipakai untuk menentukan, mengontrol, dan memantau usaha
kerja.
2. Obyek yang dijalankan
seperti prototype, kendali test (test
harness), dan piranti pengembangan tujuan khusus.
3.
Data yang
digunakan untuk testing, melacak proyek dan sebagainya.
Perangkat lunak pada
dasarnya merupakan perilaku dinamis dari suatu program computer, sedangkan
program adalah ekspresi intelektual yang dapat dirancang oleh seorang pemakai
pada tingkatan tertentu.
Jenis-jenis Perangkat Lunak (software)
Perangkat
lunak komputer merupakan serangkaian instruksi dengan aturan tertentu yang
mengatur operasi perangkat keras. Perangkat lunak terdiri atas dua jenis, yaitu
:
1.
Sistem Operasi (Operating
System)
Sistem operasi berfungsi menyediakan tempat dalam memori
untuk menyimpan data yang sedang diolah dan mengawasi bahwa tidaka ada data
yang tiba-tiba masuk dan menimpa data lain atau sebagian dari program aplikasi.
Sistem operasi juga mengatur pembacaan dan
penyimpanan data dari dan ke tempat penyimpanan sekunder. Selain itu sistem
operasi juga bertugas mengatur, menghapus, menyalin, dan membuat indeks bagi
setiap file dalam komputer.
Pada dasarnya, sistem operasi adalah gabungan
program-program yang saling terkait yang bertindak sebagai buffer antara sebuah
program aplikasi dengan perangkat keras yang ada dalam komputer.
Pada umumnya sistem operasi suatu computer berada di
ROM (Read Only Memory), sehingga
komputer tersebut langsung bisa dipakai.
2.
Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Bahasa pemrograman computer hanya dapat menjalankan
instruksi dalam bahasa mesin, yaitu sebaris angka-angka 0 dan 1. Bahasa mesin
ini tidak praktis, sehingga dikembangkan bahasa tingkat tinggi yang mirip
dengan bahasa inggris, misalnya BASIC, COBOL, PASCAL, C, FORTRAN.
Konsekuensi logis dengan adanya bahasa tingkat
tinggi yaitu diperlukan adanya program yang dapat menterjemahkan bahasa tadi
kedalam bahasa mesin, interpreter atau compiler.
Perangkat lunak engineering
berkaitan dengan produk program. Perangkat lunak engineering merupakan
disiplin rekayasa (engineering).
Terdapat perbedaan mendasar antara seorang ilmuwan dengan engineer, ilmuwan
membangun dalam usaha untuk belajar, sementara engineer belajar dalam usaha
untuk membangun.
Kegiatan perangkat lunak engineering meliputi beberapa hal, diantaranya adalah :
1.
Analisa
kebutuhan dan spesifikasi.
2.
Estimasi
“Feasibility” dan sumber daya.
3.
Desain solusi
perangkat lunak berbasis komputer.
4.
Implementasi
desain berupa program.
5.
Pengukuran
kualitas hasil akhir berupa perangkat lunak.
Software be GrowUp |
Karakteristik Perangkat Lunak
Penelitian dan
pemahaman tentang karakteristik perangkat lunak sangatlah penting, untuk
memperoleh pemahaman tentang perangkat lunak yang pada dasarnya berbeda dengan
hal-hal lain yang dibangun oleh manusia.
Perangkat lunak lebih
merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Sehingga
perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dari perangkat keras.
a.
Perangkat Lunak Dibangun dan Dikembangkan, Tidak
Dibuat Dalam Bentuk yang Klasik.
Meskipun banyak kesamaan diantara pabrik perangkat
keras dan perangkat lunak, aktivitas keduanya secara mendasar sangat berbeda.
Dalam kedua aktivitas tersebut, kualitas yang tinggi
dicapai melalui perancangan yang baik, tetapi dalam pembuatan perangkat keras,
selalu saja ditemukan masalah kualitas yang tidak mudah untuk disesuaikan
dengan perangkat lunak.
Kedua aktivitas ini tergantung pada manusia, tetapi
hubungan antara penerapan yang dilakukan manusia dengan usaha yang diperoleh
sangat berbeda. Kedua aktivitas ini membutuhkan konstruksi sebuah produk,
tetapi pendekatan yang dipakai berbeda.
b.
Perangkat Lunak Tidak Pernah Usang
Perangkat lunak tidak rentan terhadap pengaruh
lingkungan yang merusak yang menyebabkan perangkat keras menjadi usang. Secara
teoritis, kurva tingkat kegagalan perangkat lunak akan sesuai dengan apa yang
ditunjukkan pada gambar dibawah ini :
Kesalahan-kesalahan yang tidak dapat ditemukan akan
meyebabkan tingkat kegagalan menjadi sangat tinggi pada awal hidup program.
Aspek lain yang membedakan adalah. Bila komponen
suatu perangkat keras telah usang, komponen tersebut dapat diganti dengan suku
cadangan. Namun tidak ada suku cadangan bagi perangkat lunak.
Setiap kegagalan perangkat lunak menggambarkan
kesalahan dalam perancangan atau proses dimana rancangan diterjemahkan kedalam
kode mesin yang dapat dieksekusi.
Oleh karena itu, pemeliharaan perangkat lunak
menjadi lebih kompleks daripada pemeliharaan perangkat keras.
c.
Sebagian Besar Perangkat Lunak Dibuat Secara Custom-Built, Serta Dirakit dari
Komponen yang Sudah Ada.
Perhatikan bagaimana perangkat keras untuk produk
berbasis mikroprosesor dirancang dan dibuat. Pengembangan disain menggambarkan
sebuah skema sederhana dari rangkaian digital, melakukan serangkaian analisis
dasar untuk memastikan bahwa fungsi yang tepat dapat dicapai serta kemudian
menyesuaikan ke katalog komponen digital.
Setiap IC (chip)
mempunyai nomor bagian tersendiri, sebuah fungsi yang sudah terdefinisi dan
tervalidasi, interface yang didefinisikan dengan baik, serta rangkaian standar
tuntunan integrasi. Setelah komponen diseleksi, perangkat keras dapat dipesan
secara terpisah.
Pada
perancangan perangkat lunak, tidak diberi fasilitas seperti yang digambarkan diatas. Dengan
sedikit pengecualian, tidak ada katalog komponen perangkat lunak.
Fungsi Software
Secara umum fungsi dari
software komputer yang utama adalah:
1)
Melakukan
aktifitas bersama-sama dengan hardware.
2)
Menyediakan
segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer.
3) Bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) untuk melakukan aktifitas
dengan perintah yang harus dilakukan dalam software komputer
Dibawah ini adalah gambar struktur software komputer :
0 komentar:
Posting Komentar