Jumat, 04 Desember 2015

Dasar - Dasar Pengertian Perangkat Lunak

0


Software Anti gaptek

Selamat Pagi, Salam Sejahtera..

Kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan kepada teman-teman tentang Software. Postingan ini saya kutip dari buku-buku beken yang saya beli untuk penelitian saya dan laporan tugas kuliah.

      Dasar - Dasar Pengertian Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah obyek tertentu yang dapat dijalankan seperti kode sumber, kode obyek, atau sebuah program yang lengkap. Produk perangkat lunak memiliki pengertian perangkat lunak yang ditambahkan dengan semua item dan pelayanan pendukung yang secara keseluruhan dapat memenuhi kebutuhan pemakai.
Produk perangkat lunak memiliki banyak bagian yang meliputi manual, refrensi, tutorial, instruksi instalasi, data sampel, pelayanan pendidikan, pelayanan pendukung teknis, dan sebagainya.
Semua yang dihasilkan oleh proyek perangkat lunak adalah produk kerja (work product). Produk kerja meliputi :
1.      Dokumen Engineering yang dipakai untuk menentukan, mengontrol, dan memantau usaha kerja.
2. Obyek yang dijalankan seperti prototype, kendali test (test harness), dan piranti pengembangan tujuan khusus.
3.      Data yang digunakan untuk testing, melacak proyek dan sebagainya.
Perangkat lunak pada dasarnya merupakan perilaku dinamis dari suatu program computer, sedangkan program adalah ekspresi intelektual yang dapat dirancang oleh seorang pemakai pada tingkatan tertentu.

Jenis-jenis Perangkat Lunak (software)

Perangkat lunak komputer merupakan serangkaian instruksi dengan aturan tertentu yang mengatur operasi perangkat keras. Perangkat lunak terdiri atas dua jenis, yaitu :
1.      Sistem Operasi (Operating System)
Sistem operasi berfungsi menyediakan tempat dalam memori untuk menyimpan data yang sedang diolah dan mengawasi bahwa tidaka ada data yang tiba-tiba masuk dan menimpa data lain atau sebagian dari program aplikasi.
Sistem operasi juga mengatur pembacaan dan penyimpanan data dari dan ke tempat penyimpanan sekunder. Selain itu sistem operasi juga bertugas mengatur, menghapus, menyalin, dan membuat indeks bagi setiap file dalam komputer.
Pada dasarnya, sistem operasi adalah gabungan program-program yang saling terkait yang bertindak sebagai buffer antara sebuah program aplikasi dengan perangkat keras yang ada dalam komputer.
Pada umumnya sistem operasi suatu computer berada di ROM (Read Only Memory), sehingga komputer tersebut langsung bisa dipakai.
2.      Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Bahasa pemrograman computer hanya dapat menjalankan instruksi dalam bahasa mesin, yaitu sebaris angka-angka 0 dan 1. Bahasa mesin ini tidak praktis, sehingga dikembangkan bahasa tingkat tinggi yang mirip dengan bahasa inggris, misalnya BASIC, COBOL, PASCAL, C, FORTRAN.
Konsekuensi logis dengan adanya bahasa tingkat tinggi yaitu diperlukan adanya program yang dapat menterjemahkan bahasa tadi kedalam bahasa mesin, interpreter atau compiler.
Perangkat lunak engineering berkaitan dengan produk program. Perangkat lunak engineering merupakan disiplin rekayasa (engineering). Terdapat perbedaan mendasar antara seorang ilmuwan dengan engineer, ilmuwan membangun dalam usaha untuk belajar, sementara engineer belajar dalam usaha untuk membangun.
Kegiatan perangkat lunak engineering meliputi beberapa hal, diantaranya adalah :
1.      Analisa kebutuhan dan spesifikasi.
2.      Estimasi “Feasibility” dan sumber daya.
3.      Desain solusi perangkat lunak berbasis komputer.
4.      Implementasi desain berupa program.
5.      Pengukuran kualitas hasil akhir berupa perangkat lunak.
Software be GrowUp
Karakteristik Perangkat Lunak
Penelitian dan pemahaman tentang karakteristik perangkat lunak sangatlah penting, untuk memperoleh pemahaman tentang perangkat lunak yang pada dasarnya berbeda dengan hal-hal lain yang dibangun oleh manusia.
Perangkat lunak lebih merupakan elemen logika dan bukan merupakan elemen sistem fisik. Sehingga perangkat lunak memiliki ciri yang berbeda dari perangkat keras.
a.      Perangkat Lunak Dibangun dan Dikembangkan, Tidak Dibuat Dalam Bentuk yang Klasik.
Meskipun banyak kesamaan diantara pabrik perangkat keras dan perangkat lunak, aktivitas keduanya secara mendasar sangat berbeda.
Dalam kedua aktivitas tersebut, kualitas yang tinggi dicapai melalui perancangan yang baik, tetapi dalam pembuatan perangkat keras, selalu saja ditemukan masalah kualitas yang tidak mudah untuk disesuaikan dengan perangkat lunak.
Kedua aktivitas ini tergantung pada manusia, tetapi hubungan antara penerapan yang dilakukan manusia dengan usaha yang diperoleh sangat berbeda. Kedua aktivitas ini membutuhkan konstruksi sebuah produk, tetapi pendekatan yang dipakai berbeda.
b.      Perangkat Lunak Tidak Pernah Usang
            Perangkat lunak tidak rentan terhadap pengaruh lingkungan yang merusak yang menyebabkan perangkat keras menjadi usang. Secara teoritis, kurva tingkat kegagalan perangkat lunak akan sesuai dengan apa yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini :



Kesalahan-kesalahan yang tidak dapat ditemukan akan meyebabkan tingkat kegagalan menjadi sangat tinggi pada awal hidup program.
Aspek lain yang membedakan adalah. Bila komponen suatu perangkat keras telah usang, komponen tersebut dapat diganti dengan suku cadangan. Namun tidak ada suku cadangan bagi perangkat lunak.
Setiap kegagalan perangkat lunak menggambarkan kesalahan dalam perancangan atau proses dimana rancangan diterjemahkan kedalam kode mesin yang dapat dieksekusi.
Oleh karena itu, pemeliharaan perangkat lunak menjadi lebih kompleks daripada pemeliharaan perangkat keras.
c.      Sebagian Besar Perangkat Lunak Dibuat Secara Custom-Built, Serta Dirakit dari Komponen yang Sudah Ada.
Perhatikan bagaimana perangkat keras untuk produk berbasis mikroprosesor dirancang dan dibuat. Pengembangan disain menggambarkan sebuah skema sederhana dari rangkaian digital, melakukan serangkaian analisis dasar untuk memastikan bahwa fungsi yang tepat dapat dicapai serta kemudian menyesuaikan ke katalog komponen digital.
Setiap IC (chip) mempunyai nomor bagian tersendiri, sebuah fungsi yang sudah terdefinisi dan tervalidasi, interface yang didefinisikan dengan baik, serta rangkaian standar tuntunan integrasi. Setelah komponen diseleksi, perangkat keras dapat dipesan secara terpisah.
Pada perancangan perangkat lunak, tidak diberi fasilitas  seperti yang digambarkan diatas. Dengan sedikit pengecualian, tidak ada katalog komponen perangkat lunak.
Fungsi Software
Secara umum fungsi dari software komputer yang utama adalah:
1)      Melakukan aktifitas bersama-sama dengan hardware.
2)      Menyediakan segala sumber daya yang bisa digunakan pada sebuah komputer.
3) Bertindak sebagai perantara antara pengguna (user) dengan perangkat keras (hardware) untuk melakukan aktifitas dengan perintah yang harus dilakukan dalam software komputer
Dibawah ini adalah gambar struktur software komputer :


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com