PENGERTIAN
Quality Control Quality Control adalah suatu kegiatan meneliti, mengembangkan, merancang dan memenuhi kepuasan konsumen, memberi pelayanan yang baik dimana pelaksananya melibatkan seluruh kegiatan dalam perusahaan mulai dari pimpinan teratas sampai karyawan pelaksana (Dr. K. Ishikawa). Quality Control adalah suatu sistem yang efektif untuk mengintegrasikan kegiatan – kegiatan pemeliharaan dan pengambangan mutu dalam suatu organisasi sehingga dapat diperoleh produksi dan servis dalam tingkat yang paling ekonomis dan memuaskan konsumen (Feightboum).
Quality Control adalah aktivitas memelihara dan memperbaiki produk dan service yang ditawarkan kepada perusahaan, quality control bukan hanya menjadi tanggung jawab begian quality control saja, tetapi seluruh karyawan atau pihak menjadi satu kesatuan memecahkan masalah ini (Ishita Nobuyuki).
Berikut ini adalah Tugas - tugas Quality Control :
- Mengecek barang hasil produksi.
- Mengisi form pengecekan barang hasil produksi. Form ini sudah berisi informasi tentang produk yang di check, seperti : Nama Produk, Jenis Produk, Berat produk, dll.
- Mengirim form hasil pengecekan kepada leader produksi, agar leader produksi mengetahui hasil produksi nya apakah baik atau tidak dan pantas kah untuk dilanjutkan proses produksinya.
- Leader produksi menerima hasil produksi, lalu melakukan pengesahan terhadap hasil pengecekan oleh operator QC.
- Leader produksi mengirimkan hasil pengesahan kepada Leader QC agar di Validasi.
- Lalu leader QC menerima hasil pengesahan oleh leader produksi.
Gambar 1.Activity Diagram QC
Gambar 2. Use Case Diagram
Gambar 3. Sequence Diagram
0 komentar:
Posting Komentar